Jumat, 01 Juni 2012
silabus
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1. 1 Menyimpul¬kan isi berita yang diba¬cakan dalam beberapa kalimat
Penyimpulan berita o Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan
o Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi berita yang ditulis
o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. • Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
• Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
Tes tulis
Uraian • Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
• Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! 2 X 40’ Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
1.2 Menuliskan kembali be¬rita yang di¬bacakan ke dalam bebe-rapa kalimat
Penulisan kembali berita (yang didengarkan) o Mendengarkan berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi/sari berita
o Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi • Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan
• Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi Penugasan individual/ke-lompok Pekerjaan rumah (PR) • Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi! 2 X 40’ Teks berita dari media massa maupun elektronik
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.1 Mencerita¬kan peng¬alam¬an yang paling me¬nge-sankan dengan mengguna¬kan pilihan kata dan kalimat efektif
Cara menceritakan pengalaman yang menge-sankan dan implementasi- nya o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du¬kungan gambar seri
o Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber
o Memilih pengalaman yang paling mengesankan
o Menyusun kerangka cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan mengguna-kan pilihan kata dan kalimat efektif • Mampu menulis kerangka cerita pengalaman
• Mampu menceritakan penga¬laman yang paling menge¬san¬kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng-gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja • Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
• Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
4X40’ Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de¬ngan intonasi yang tepat serta meng¬gunakan ka¬limat-kalimat yang lugas dan sederha¬na
Penyampaian pengu¬muman o Mencermati model penyampaian teks pengumuman
o Bertanya jawab tentang gaya penyampaian pengumuman yang disampaikan oleh model
o Menenentukan topik pengumuman
o Menyusun kerangka pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
• Mampu menulis kerangka pengumuman
• Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja • Tulislah kerangka pengumuman!
• Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis! 6X40’ Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da¬lam kamus secara cepat dan tepat de¬ngan konteks yang diingin¬kan melalui kegiatan mem¬baca memindai
Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya o Membaca teks nonsastra
o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya) • Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
• Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
Observasi Lembar observasi • Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
• Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
2 X 40’ Kamus Besar Ba¬ha¬sa Indonesia
Teks nonsastra
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
3.2 Menyim¬pul-kan isi baca¬an setelah membaca ce¬pat 200 kata per menit
Penyimpulan isi bacaan o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o Menghitung waktu membaca
o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
o Menentukan pokok-pokok bacaan
o Merangkai pokok-pokok bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan • Mampu membaca cepat 200 kata per menit
• Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
• Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
• Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
• Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ... dst.
Hitunglah KEM kamu
• Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu! 2X40’ Stopwatch,
Teks bacaan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
3.3 Memba¬ca¬kan berbagai teks perang¬kat upacara dengan into¬nasi yang tepat
Pembacaan teks perangkat upacara o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat • Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
• Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat Tes tulis
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uji petik kerja produk • Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!
• Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! 6 X 40’ Teks perangkat upacara
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de¬ngan mem-perhatikan cara peng-ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
Penulisan catatan hari¬an/ pengalaman pribadi o Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
o Mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.
• Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
• Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
Tes
Penugasan individual/kelompok
Uraian
Proyek • Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
• Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf! 4 X 40’ Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
4.2 Menulis su¬rat pribadi dengan mem-perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Penulisan surat pribadi o Mengamati dan mencermati beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Mengirim surat pribadi ke alamat yang dituju • Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
• Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
Tes
Tes praktik/kinerja
Uraian
Tes keterampilan
• Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan surat terasji!
• Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
4 X 40’ Berbagai surat pribadi dan surat resmi
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha¬sa yang efek¬tif, baik, dan benar
Penulisan pengumuman o Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks pengumuman
o memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah • Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
• Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja • Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan sekolah
• Tulislah teks pengumuman sesuai dengan pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!
4X40’ Selebar¬an Peng-umuman
Buku Teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
5.1 Menemu-kan hal-hal mena¬rik dari do¬ngeng yang diperdengar kan Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya o Mendengarkan penyajian dongeng
o Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide yang menarik dari dongeng
o Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng • Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
• Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng Tes tulis
Uraian
• Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
• Rangkaikanlah ide-ide me¬narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi hal-hal menarik dari dongeng! 2X40’ Kaset /CD dongeng
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
5.2 Menunjuk¬kan relevansi isi dongeng yang diperde¬ngarkan de¬ngan situasi sekarang
Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya o Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan isi dongeng
o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang • Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
• Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
Tes tulis
Uraian • Tulislah isi dongeng yang kamu dengarkan secara lisan!
• Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan! 2 X 40’ Kaset /CD dongeng
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
6.1 Bercerita de-ngan urutan yang baik, sua¬ra, lafal, intonasi, ges¬tur, dan mi¬mik yang te¬pat
Penyampaian cerita o Menentukan buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di perpustakaan.
o Membaca buku cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
• Mampu menentukan pokok-pokok cerita
• Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
• Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
Tes tertulis
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uji petik kerja
• Tulislah pokok-pokok cerita yang ter-da¬¬pat di dalam buku cerita yang kamu baca!
• Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
• Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 6 X 40’ Perpusta-
kaan
Buku cerita
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
6.2 Bercerita de-ngan alat pe¬raga
Penyampaian cerita dengan alat peraga o Mencermati model bercerita
o Mendiskuskan suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik model
o Membaca teks cerita yang menarik.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
o Menyiapkan alat peraga untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita dengan alat peraga
o Bercerita dengan alat peraga • Mampu menentukan pokok-pokok cerita
• Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
• Mampu bercerita dengan meng¬gu¬na-kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita Tes tertulis
Uraian
• Tulislah pokok-pokok cerita yang ter¬da¬¬pat di dalam teks cerita yang kamu baca!
• Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
• Berceritalah dengan dukungan alat peraga! 4 X 40’ Alat peraga
Buku teks
Buku cerita
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1 Mencerita-kan kembali cerita anak yang dibaca
Penceritaan kembali o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk me¬nen-tukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
• Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
• Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
• Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
Penugasan individual/kelompok
Tes praktik/kinerja Proyek
Uji petik kerja
• Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
• Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
• Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de¬ngan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu baca!
6 X 40’ Perpusta-
kaan
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
7.2 Mengomen-tari buku ce¬rita yang di¬baca
Cara berkomentar terhadap buku cerita dan implementasi- nya o Membaca cerita anak
o Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang perlu dikomentari dari buku cerita
o Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
• Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
• Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
Penugasan individual/kelompok
Proyek
• Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen¬tari
• Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?
• Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
4 X 40’ Perpus-takaan
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
8.1 Menulis pan-tun yang se-suai dengan syarat-syarat pantun
Penulisan pantun o Membaca contoh-contoh pantun
o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis materi/bahan konteks pantun
o Menulis pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun
o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
• Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
• Mampu menulis pantun
Tes tulis
Uraian
• Tulislah materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
• Tulislah sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis 2 X 40” Perpusta-
kaan
Buku teks
Ber¬bagai jenis pan-tun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
8.2 Menulis kem¬bali de-ngan bahasa sendiri do-ngeng yang pernah diba¬ca atau dide¬ngar Penulisan kembali dongeng o Membaca/mendengarkan dongeng
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o Menulis kembali dongeng berda¬sar¬kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan • Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
• Mampu menulis dongeng berda-sarkan urutan pokok-pokok do-ngeng Tes tulis
Tes praktik/kinerja Uraian
Uji petik kerja • Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!
• Tuliskanlah de¬ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!
4 x 40’ Perpusta-
kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., .........................
Mengetahui, Guru mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK NIP/NIK
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpul¬kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to¬koh/narasum-ber yang di¬sam-paikan da¬lam wa¬wan¬cara
Penyimpulan pikiran, penda-pat, dan gagas¬an dalam wa¬wan-cara o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
• Mendata pikiran, penda-pat, dan gagasan yang dikemu¬kakan narasumber
o Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
o Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
• Mampu mendata pikiran, penda¬pat, dan gagasan yang dikemu¬kakan narasumber
• Mampu menyimpulkan pikiran, pen¬dapat, dan gagasan nara-sumber
• Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe¬rapa kalimat singkat
Tes tulis
Uraian
• Datalah berbagai pikiran, penda¬pat, dan gagasan narasumber dalam wawancara yang kamu de¬ngar¬kan!
• Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!
• Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan! 4 X 40” Rekaman wawancara dari televisi/radio
Narasumber
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
9.2 Menuliskan dengan sing¬kat hal-hal pen¬ting yang dikemukakan narasumber dalam wa¬wan-cara
Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara • Mendengarkan wawancara
• Tanya jawab hal-hal penting yang dikemukakan oleh nara-sumber
• Menuliskan hal-hal penting dari wa¬wancara yang didengarkan de¬ngan bahasa yang komunikatif • Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan¬carai
• Mampu menuliskan hal-hal pen¬ting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara Tes tulis
Uraian
• Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu de¬ngar¬kan!
• Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawan¬cara yang kamu dengarkan! 4 X 40” Rekaman wawancara dari televisi/radio
Narasumber
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
10.1 Mencerita-kan tokoh idola de¬ngan mengemu-kakan ide¬n-titas tokoh, ke-unggulan, dan alasan meng-idolakannya dengan pilihan kata yang se-suai
Penceritaan tokoh idola o Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan tokoh de-ngan alasan yang argu-men¬tatif
o Berlatih menceritakan tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang penampilan model
o Menceritakan tokoh dengan berpe¬doman kelengkapan identitas tokoh
• Mampu mengemukakan identitas tokoh
• Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
• Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja
• Ceritakan tokoh idola de¬ngan menge-mukakan ide¬n¬titas tokoh, ke¬unggulan, dan alasan meng-idolakannya dengan pilihan kata yang se-suai!
6 X 40’ Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Bertelepon dan etikanya o Mencermati model-model bertele¬pon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o Mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Menyimpulkan tata cara bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks
• Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks
• Mampu bertelepon dengan ber¬bagai mitra bicara sesuai dengan konteks
Tes praktik/kinerja Tes simu¬lasi • Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks! 4 X 40” Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
11.1 Mengung-kap¬kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Pengungkapan hal-hal teladan dari tokoh dalam biografi o Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi tersebut
o Menulis biodata tokoh dan keistime¬waan tokoh dengan alasan yang logis
o Menulis hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
o Menyimpulkan keistimewaan tokoh dan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca • Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh
• Mampu mendata keistime¬waan tokoh
• Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani
Penugasan individual/kelompok Proyek • Bacalah sebuah buku biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh.
keistimewaan to¬koh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh! 4 X 40” Buku biografi
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
Penemuan gagasan uta¬ma teks o Membaca teks
o Mendiskusikan gagasan utama /ide pokok suatu paragraf dalam teks bacaan
o Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks
• Mampu menunjukkan letak kali¬mat utama dalam suatu pa¬ragraf pada teks bacaan
• Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Uraian • Tunjukkan letak kalimat utama yang terdapat di dalam teks!
• Tulislah gagasan utama yang terdapat dalam paragraf!
2 X 40” Teks bacaan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
11. 3 Menemukan informasi seca-ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca
Penemuan informasi dari tabel/diagram o Mengkliping satu tabel dan satu dia¬gram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram
o Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram
o Menyimpulkan isi tabel/diagram
o Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram
o Mengubah tabel/diagram dalam betuk uraian
o Menyunting narasi tertulis teman • Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram
• Mampu menemukan makna/isi ta-bel/diagram
• Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian
Penugasan individual/kelompok Pekerjaan rumah (PR)
Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian uraiakan/narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya! 2 X 40” Buku teks, media cetak yang di da-lamnya terda-pat tabel atau diagram
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
12.1 Mengubah teks wawan¬cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
Cara mengubah teks wawan¬ca¬ra ke bentuk na¬rasi dan implementasi- nya o Mengkliping teks wawancara
o Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi ka¬limat tidak langsung
o Tanya jawab cara penulisan kali¬mat langsung menjadi tidak lang¬sung
o Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf
o Menyunting teks narasi berdasarkan hasil diskusi dengan teman • Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
• Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi
Penugasan individual/kelompok
Pekerjaan rumah (PR)
Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
Narasikan teks wawancara!
4 X 40” Media cetak.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de¬ngan menggu-nakan kalimat efektif dan ba-hasa yang san-tun
Penulisan ¬ pesan sing¬kat o Membaca contoh pesan singkat
o Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o Menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
o Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
• Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
• Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
Tes tulis
Tes tulis Uraian
Uraian Tulislah pokok-pokok pesan!
Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan! 4 X 40” Teks bacaan yang berikan berbagai pe¬san
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
13.1 Menang-gapi cara pemba¬caan puisi
Cara menanggapi pembacaan puisi dan implementasi- nya o Mencermati model pemba¬ca puisi
o Mendiskusikan cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi pembaca puisi
o Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi • Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi pem¬baca puisi
• Mampu memberi tanggapan de¬ngan alasan yang logis pemba¬ca¬an puisi yang didengar/disaksikan
Observasi Lembar observasi Pelafalan tanggapan terhadap pembacaan puisi: sangat jelas, jelas, kurang jelas, tidak jelas!
Isi tanggapan sesuai dengan unsur-unsur pembacaan puisi: sesuai semua, sebagian besar sesuai, sebagaian kecil, tidak sesuai, dst. 2 X 40” Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
13. 2 Merefleksi isi puisi yang di¬bacakan
Cara merefleksi puisi yang dibacakan dan implementasi- nya o Mendengarkan pembacaan puisi
o Mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat dalam puisi
o Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi
o Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
• Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat
• Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi
• Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa
Tes tulis
Uraian
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uraian
Uji petik kerja Tulislah gambaran penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan!
Tulislah pesan-pesan yang terda-pat di dalam puisi yang diba¬ca¬kan!
Deskripsikan persamaan dan perbedaan kehidupan pribadimu dengan kehidupan dalam puisi 4 X 40” Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
14.1 Menanggapi cara pemba-caan cerpen
Cara menanggapi pemba¬ca¬an cerpen dan implementasi- nyan o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Mendiskusikan cara pem¬bacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen
o Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o Menanggapi cara pembacaan cer¬pen dikaitkan dengan suasana dalam cerpen, isi, dan pesan, • Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide¬ngarkan
• Mampu mengungkapkan lafal, in¬tonasi, dan ekspresi pembaca cer¬pen
• Mampu menanggapi cara pem¬ba¬caan cerpen
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Apa isi dan pesan serta bagaimana suasana cerpen yang kamu dengarkan!
Bagaimanakah lafal, intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cer¬pen yang kamu saksikan?
Bagaimanakah ca¬ra pembacaan cerpen yang kamu lihat bila dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ? 4 X 40” Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
14..2 Menjelaskan hu¬bungan la¬tar suatu cer¬pen de¬ngan realitas sosial
Cara menjelaskan hubungan latar cerpen dengan realitas kehi-dupan sosial dan implementasi- nya o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Berdiskusi untuk mendata latar cerpen
o Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini
• Mampu mendata latar cerpen
• Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Bagaimanakah latar yang terda¬pat di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
Bagaimanakah keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam cerpen yang kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini? 4 X 40” Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Membaca sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
15.1 Membaca in¬dah puisi de-ngan meng¬gu-nakan ira¬ma, volume suara, mimik, kinestik se¬suai denga isi puisi
Pembacaan in-dah teks puisi o Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi, irama, volume suara, mimik, dan kinestik pembaca puisi
o Menandai penjedaan pembacaan puisi lain
o Berlatih membaca puisi
o Membaca indah puisi dengan meng¬¬gunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi
• Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
• Mampu membaca indah puisi
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja Berilah penanda jeda pada puisi yang akan kamu baca!
Bacalah puisi yang kamu beri penanda jeda dengan lafal, intonasi, mimik, dan suara yang tepat! 6 X 40” Teks puisi
Buku refe¬ren¬si
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
15.2 Menemukan realitas kehi-dupan anak yang te¬ref¬lek¬si dalam buku cerita anak baik asli mau-pun terje¬mah-an
Cara menemukan realitas kehi¬dup-an di dalam cerita anak implementasi- nya o Membaca buku cerita anak
o Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
• Mampu menuliskan perilaku, ke¬biasaan yang ada dalam buku ce¬rita anak
• Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak. Penugasan individual/kelom-pok Proyek Identifikasilah peril¬a-ku atau kebiasaan yang terdapat di dalam cerita anak yang kamu baca!
Tuliskan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca! 6 X 40” Buku cerita anak
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
16.1 Menulis kreatif puisi berkena¬an dengan ke-indahan alam
Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam o Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam
o Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi
o Mengamati model larik-larik puisi tentang keindahan alam
o Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model
o Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam
o Menulis larik-larik puisi
o Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi karya sendiri • Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam
• Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
Portofolio Lembar penilaian portofolio Tulislah puisi tentang keindahan alam dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!
Perbaikilah puisi tentang keindahan alam yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!
4 X 40” Lingkungan Gambar alam
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
16.2 Menulis kreatif puisi berke¬na¬an dengan pe-ristiwa yang pernah dialami
Penulisan puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami o Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
o Memilih salah satu peristiwa yang dialami untuk dijadikan puisi
o Menulis larik-larik puisi
o menulis puisi dengan pilih¬an kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi yang di¬tulis sendiri • Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami
• Mampu menulis puisi dengan pi¬lihan kata yang tepat dan rima yang menarik
Portofolio Lembar penilaian portofolio Tulislah puisi tentang peristiwa yang pernah kamu alami dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!
Perbaikilah puisi tentang suatu peristiwa yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu! 4 X 40” Peristiwa yang dialami
Buku teks
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., .........................
Mengetahui, Guru mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK NIP/NIK
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar