Jumat, 01 Juni 2012

silabus



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.     Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian     Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
1. 1 Menyimpul¬kan  isi berita yang diba¬cakan dalam beberapa kalimat



    Penyimpulan berita     o    Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan
o    Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan
o    Mendiskusikan isi berita yang ditulis
o    Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o    Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.    •    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
•    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea


    Tes tulis


    Uraian      •    Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
•    Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!     2 X 40’    Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita

    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
1.2 Menuliskan kembali  be¬rita yang di¬bacakan ke dalam bebe-rapa kalimat
    Penulisan kembali berita (yang didengarkan)    o    Mendengarkan berita yang dibacakan
o    Mendiskusikan isi/sari berita
o    Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi    •    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
•    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi    Penugasan individual/ke-lompok    Pekerjaan rumah (PR)    •    Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!    2 X 40’     Teks berita dari media massa maupun elektronik

    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )                   


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Berbicara
          2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
2.1 Mencerita¬kan peng¬alam¬an yang paling me¬nge-sankan dengan mengguna¬kan pilihan kata dan kalimat efektif
    Cara menceritakan pengalaman yang menge-sankan dan implementasi- nya    o    Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du¬kungan gambar seri
o    Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber
o    Memilih pengalaman yang paling mengesankan
o    Menyusun kerangka cerita pengalaman
o    Berlatih bercerita
o    Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan mengguna-kan pilihan kata dan kalimat efektif    •    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
•    Mampu menceritakan penga¬laman yang paling menge¬san¬kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng-gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
    Tes praktik/kinerja    Uji petik kerja     •    Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
•    Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!

    4X40’    Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de¬ngan intonasi yang tepat serta meng¬gunakan ka¬limat-kalimat yang lugas dan sederha¬na
    Penyampaian pengu¬muman    o    Mencermati  model penyampaian teks pengumuman
o    Bertanya jawab tentang gaya penyampaian  pengumuman yang disampaikan oleh model
o    Menenentukan topik pengumuman
o    Menyusun kerangka pengumuman
o    Berlatih mengumumkan
o    Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
    •    Mampu menulis kerangka pengumuman
•    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
    Tes praktik/kinerja    Uji petik kerja    •    Tulislah kerangka pengumuman!

•    Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis!    6X40’    Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Membaca
                         3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da¬lam kamus secara cepat dan tepat de¬ngan konteks yang diingin¬kan melalui kegiatan mem¬baca memindai
    Cara menemukan  makna kata  secara cepat dan implementasi-nya    o    Membaca teks nonsastra
o    Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o    Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o    Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)    •    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat


•    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
    Observasi     Lembar observasi    •    Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
•    Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

    2 X 40’    Kamus Besar Ba¬ha¬sa Indonesia
Teks nonsastra
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
3.2 Menyim¬pul-kan isi baca¬an setelah membaca ce¬pat 200 kata per menit
    Penyimpulan isi bacaan     o    Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o    Menghitung waktu  membaca
o    Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o    Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
o    Menentukan pokok-pokok bacaan
o    Merangkai pokok-pokok bacaan
o    Menyimpulkan isi bacaan     •    Mampu membaca cepat 200 kata per menit




•    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



•    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan    Tes praktik/kinerja
    Uji petik kerja
    •    Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
•    Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...  dst.
Hitunglah KEM kamu

•    Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!       2X40’    Stopwatch,
Teks bacaan
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
3.3  Memba¬ca¬kan berbagai teks perang¬kat upacara dengan into¬nasi yang tepat
    Pembacaan teks perangkat upacara    o    Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o    Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o    Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o    Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o    Membacakan teks perangkat upacara  dengan intonasi yang tepat    •    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara



•    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat    Tes tulis




Tes praktik/kinerja

    Uraian




Uji petik kerja produk    •    Berilah tanda jeda pada  berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!


•    Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!    6 X 40’    Teks perangkat  upacara
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Menulis
          4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de¬ngan mem-perhatikan cara peng-ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    Penulisan catatan hari¬an/ pengalaman pribadi    o    Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
o    Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
o    Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o    Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.
    •    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
•    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
    Tes




Penugasan individual/kelompok
     Uraian




Proyek    •    Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
•    Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!     4 X 40’    Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   
4.2 Menulis su¬rat pribadi dengan mem-perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    Penulisan surat pribadi    o    Mengamati dan mencermati beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
o    Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o    Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o    Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o    Menyunting surat
o    Mengirim surat pribadi ke alamat yang dituju    •    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
•    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

    Tes

Tes praktik/kinerja

    Uraian

Tes keterampilan
    •    Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan surat terasji!
•    Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
    4 X 40’    Berbagai surat pribadi dan surat resmi
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )                   
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha¬sa yang efek¬tif, baik, dan benar
    Penulisan pengumuman    o    Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o    Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
o    menulis teks pengumuman dengan  bahasa yang efektif, baik, dan benar
o    menyunting teks pengumuman
o    memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah    •    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
•    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
    Tes praktik/kinerja     Uji petik kerja    •    Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan sekolah
•    Tulislah teks pengumuman sesuai dengan pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!
    4X40’    Selebar¬an Peng-umuman
Buku Teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
                         5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
5.1 Menemu-kan hal-hal mena¬rik dari do¬ngeng yang diperdengar kan    Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya     o    Mendengarkan penyajian dongeng
o    Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o    Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng    •    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
•    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng    Tes tulis



    Uraian


    •    Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
•    Rangkaikanlah ide-ide me¬narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!    2X40’    Kaset /CD  dongeng
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   
5.2  Menunjuk¬kan relevansi isi dongeng yang diperde¬ngarkan de¬ngan situasi sekarang
    Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya    o    Mendengarkan dongeng
o    Mendiskusikan isi  dongeng
o    Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang     •    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
•    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

    Tes tulis


    Uraian    •    Tulislah isi  dongeng yang kamu dengarkan  secara lisan!
•    Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!     2 X 40’     Kaset /CD  dongeng
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   




SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Berbicara
                         6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

Kompetensi
    Dasar        Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
6.1 Bercerita de-ngan urutan yang baik, sua¬ra, lafal, intonasi, ges¬tur, dan mi¬mik yang te¬pat
    Penyampaian cerita    o    Menentukan buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o    Membaca buku cerita yang menarik itu.
o    Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o    Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o    Berlatih bercerita
o    Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    •    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
•    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
•    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

    Tes tertulis

Tes praktik/kinerja
    Uraian

Uji petik kerja


    •    Tulislah pokok-pokok cerita yang ter-da¬¬pat di dalam buku cerita yang kamu baca!
•    Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
•    Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat!      6 X 40’    Perpusta-
  kaan
Buku  cerita
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   
6.2 Bercerita de-ngan alat pe¬raga
    Penyampaian cerita dengan alat peraga    o    Mencermati model bercerita
o    Mendiskuskan suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik model
o    Membaca teks cerita yang menarik.
o    Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o    Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
o     Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
o    Berlatih bercerita dengan alat peraga
o    Bercerita dengan alat peraga    •    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
•    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
•    Mampu bercerita dengan meng¬gu¬na-kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita    Tes tertulis
    Uraian


    •    Tulislah pokok-pokok cerita  yang ter¬da¬¬pat di dalam teks cerita yang kamu baca!
•    Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
•    Berceritalah dengan dukungan alat peraga!         4 X 40’    Alat peraga
Buku teks
Buku cerita

    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Membaca
          7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
7.1 Mencerita-kan kembali cerita anak yang dibaca
    Penceritaan kembali     o    Membaca cerita anak
o    Berdiskusi untuk me¬nen-tukan pokok-pokok cerita
o    Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o    Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis

    •    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
•    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
•    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
    Penugasan individual/kelompok


Tes praktik/kinerja    Proyek




Uji petik kerja
     •    Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
•    Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
•    Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de¬ngan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu baca!
    6 X 40’    Perpusta-
  kaan
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
7.2 Mengomen-tari buku ce¬rita yang di¬baca
    Cara berkomentar  terhadap buku cerita dan implementasi- nya     o    Membaca cerita anak
o    Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o    Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
o    Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

    •    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
•    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
    Penugasan individual/kelompok


    Proyek


    •    Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen¬tari
•    Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca? 
•    Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
    4 X 40’    Perpus-takaan
Buku teks 
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah    : ...................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi    : Menulis
           8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
8.1 Menulis pan-tun yang se-suai dengan syarat-syarat pantun
    Penulisan   pantun    o    Membaca contoh-contoh pantun
o    Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o    Menulis materi/bahan konteks pantun
o    Menulis pantun yang memenuhi  syarat-syarat pantun
o    Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
    •    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks


•    Mampu menulis pantun
    Tes tulis








    Uraian







    •    Tulislah materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
•    Tulislah sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis    2 X 40”    Perpusta-
   kaan
Buku teks
Ber¬bagai jenis pan-tun
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
8.2 Menulis  kem¬bali de-ngan bahasa sendiri do-ngeng yang pernah diba¬ca atau dide¬ngar     Penulisan kembali  dongeng    o    Membaca/mendengarkan dongeng
o    Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o    Menulis kembali dongeng berda¬sar¬kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan    •    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
•    Mampu menulis dongeng berda-sarkan urutan pokok-pokok do-ngeng     Tes tulis



Tes praktik/kinerja    Uraian



Uji petik kerja     •    Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


•    Tuliskanlah de¬ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!
       4 x 40’    Perpusta-
   kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks

    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )                    

Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.               
    Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

..........., .........................
Mengetahui,     Guru mata pelajaran
Kepala ...................   



............................................    ..................................................
NIP/NIK                                                                                                            NIP/NIK


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.    Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
9.1 Menyimpul¬kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to¬koh/narasum-ber yang di¬sam-paikan da¬lam wa¬wan¬cara

    Penyimpulan pikiran, penda-pat, dan gagas¬an dalam wa¬wan-cara    o    Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
•    Mendata pikiran, penda-pat, dan gagasan  yang dikemu¬kakan narasumber
o    Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o    Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
o    Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
    •    Mampu mendata pikiran, penda¬pat, dan gagasan  yang dikemu¬kakan narasumber

•    Mampu menyimpulkan pikiran, pen¬dapat, dan gagasan nara-sumber
•    Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe¬rapa kalimat singkat
    Tes tulis



     Uraian



    •    Datalah berbagai pikiran, penda¬pat, dan gagasan narasumber  dalam wawancara yang kamu de¬ngar¬kan!
•    Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!

•    Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan!    4 X 40”    Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
9.2 Menuliskan dengan sing¬kat hal-hal pen¬ting yang dikemukakan narasumber dalam wa¬wan-cara
    Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara    •    Mendengarkan wawancara
•    Tanya jawab hal-hal penting yang dikemukakan oleh  nara-sumber
•    Menuliskan hal-hal  penting dari wa¬wancara yang didengarkan de¬ngan bahasa yang komunikatif    •    Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan¬carai
•    Mampu menuliskan hal-hal  pen¬ting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara     Tes tulis


     Uraian


    •    Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber  dari wawancara yang kamu de¬ngar¬kan!
•    Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawan¬cara yang kamu dengarkan!    4 X 40”    Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   



SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi:  Berbicara
   10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
10.1 Mencerita-kan tokoh idola de¬ngan mengemu-kakan ide¬n-titas tokoh, ke-unggulan, dan alasan meng-idolakannya dengan pilihan kata yang se-suai
    Penceritaan  tokoh idola    o    Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o    Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o    Menentukan keunggulan tokoh de-ngan alasan yang argu-men¬tatif
o    Berlatih menceritakan tokoh
o    Mencermati model
o    Bertanya jawab tentang penampilan model
o    Menceritakan tokoh dengan berpe¬doman kelengkapan identitas tokoh
    •    Mampu mengemukakan identitas tokoh
•    Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
•    Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh
    Tes praktik/kinerja     Uji petik kerja

    •    Ceritakan tokoh idola de¬ngan menge-mukakan ide¬n¬titas tokoh, ke¬unggulan, dan alasan meng-idolakannya dengan pilihan kata yang se-suai!
    6 X 40’    Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   
10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
    Bertelepon dan etikanya     o    Mencermati model-model bertele¬pon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o    Mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o    Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o    Menyimpulkan tata cara bertelepon
o    Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks
    •    Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks

•    Mampu bertelepon dengan ber¬bagai mitra bicara sesuai dengan konteks
    Tes praktik/kinerja    Tes simu¬lasi     •    Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks!    4 X 40”    Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
11.1 Mengung-kap¬kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
    Pengungkapan hal-hal  teladan dari tokoh dalam biografi    o    Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi tersebut
o    Menulis biodata tokoh dan keistime¬waan tokoh dengan alasan yang logis
o    Menulis hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
o    Menyimpulkan keistimewaan tokoh dan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca    •    Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh
•    Mampu mendata keistime¬waan tokoh
•    Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani

    Penugasan individual/kelompok    Proyek    •    Bacalah sebuah buku biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh. 
   keistimewaan to¬koh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh!    4 X 40”    Buku biografi
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca

    Penemuan gagasan uta¬ma teks    o    Membaca teks
o    Mendiskusikan  gagasan utama /ide pokok suatu paragraf dalam teks bacaan
o    Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks
    •    Mampu menunjukkan letak kali¬mat utama dalam suatu pa¬ragraf pada teks bacaan
•    Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan    Tes tulis



Tes tulis
    Uraian



Uraian     •    Tunjukkan letak kalimat utama yang terdapat di dalam teks!

•    Tulislah gagasan utama yang terdapat dalam paragraf!


    2 X 40”    Teks bacaan
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
11. 3 Menemukan informasi seca-ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca

    Penemuan informasi dari  tabel/diagram    o    Mengkliping satu tabel dan satu dia¬gram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram
o    Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram
o    Menyimpulkan isi tabel/diagram
o    Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram
o    Mengubah tabel/diagram dalam betuk uraian
o    Menyunting narasi tertulis teman    •    Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram
•    Mampu menemukan makna/isi ta-bel/diagram
•    Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian
    Penugasan individual/kelompok     Pekerjaan rumah (PR)
    Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian uraiakan/narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya!    2 X 40”    Buku teks, media cetak yang di da-lamnya terda-pat tabel atau diagram
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi:  Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
12.1 Mengubah  teks wawan¬cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
    Cara mengubah teks wawan¬ca¬ra ke bentuk na¬rasi dan implementasi- nya    o    Mengkliping teks wawancara
o    Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi ka¬limat tidak langsung
o    Tanya jawab cara penulisan kali¬mat langsung menjadi tidak lang¬sung
o    Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf
o    Menyunting teks narasi berdasarkan hasil diskusi dengan teman    •    Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
•    Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi
    Penugasan individual/kelompok


    Pekerjaan rumah (PR)



        Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
    Narasikan  teks wawancara!

    4 X 40”    Media cetak.

    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de¬ngan menggu-nakan kalimat efektif dan ba-hasa yang san-tun
    Penulisan ¬ pesan sing¬kat    o    Membaca contoh pesan singkat
o    Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o    Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o    Menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
o    Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
    •    Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
•    Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
    Tes tulis

Tes tulis    Uraian

Uraian        Tulislah pokok-pokok pesan!

    Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan!     4 X 40”    Teks bacaan yang berikan berbagai pe¬san
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
13.1 Menang-gapi cara pemba¬caan puisi
    Cara menanggapi pembacaan puisi dan implementasi- nya     o    Mencermati model pemba¬ca  puisi
o    Mendiskusikan  cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi  pembaca puisi
o     Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi    •    Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi  pem¬baca puisi
•    Mampu memberi tanggapan de¬ngan alasan yang logis pemba¬ca¬an puisi yang didengar/disaksikan
    Observasi    Lembar observasi        Pelafalan tanggapan terhadap pembacaan puisi: sangat jelas, jelas, kurang jelas, tidak jelas!
    Isi tanggapan sesuai dengan unsur-unsur pembacaan puisi: sesuai semua, sebagian besar sesuai, sebagaian kecil, tidak sesuai, dst.    2 X 40”    Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
13. 2 Merefleksi isi puisi yang di¬bacakan
     Cara merefleksi puisi yang dibacakan dan implementasi- nya    o    Mendengarkan pembacaan puisi
o    Mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat  dalam puisi
o    Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi
o    Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o    Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
    •    Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat
•    Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi
•    Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa
    Tes tulis



Uraian

Tes praktik/kinerja

    Uraian



Uraian

Uji petik kerja         Tulislah gambaran penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan!
    Tulislah pesan-pesan yang terda-pat di dalam puisi yang diba¬ca¬kan!
    Deskripsikan persamaan dan perbedaan kehidupan pribadimu dengan kehidupan dalam puisi    4 X 40”    Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   



SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
14.1 Menanggapi cara pemba-caan cerpen

    Cara menanggapi pemba¬ca¬an cerpen dan implementasi- nyan     o    Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o    Mendiskusikan cara pem¬bacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen
o    Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o    Menanggapi cara pembacaan  cer¬pen dikaitkan dengan suasana dalam cerpen, isi, dan pesan,      •    Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide¬ngarkan
•    Mampu mengungkapkan lafal, in¬tonasi, dan ekspresi pembaca cer¬pen
•    Mampu menanggapi cara pem¬ba¬caan cerpen
    Tes  lisan


    Daftar pertanyaan

        Apa isi dan pesan serta bagaimana suasana cerpen yang  kamu dengarkan!
    Bagaimanakah lafal, intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cer¬pen yang kamu saksikan?
    Bagaimanakah ca¬ra pembacaan cerpen yang kamu lihat  bila dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ?    4 X 40”    Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                   
14..2 Menjelaskan hu¬bungan la¬tar suatu cer¬pen  de¬ngan realitas sosial

    Cara menjelaskan hubungan latar cerpen dengan realitas kehi-dupan sosial dan implementasi- nya    o    Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o    Berdiskusi untuk mendata latar cerpen
o    Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini

    •    Mampu mendata latar cerpen
•    Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini

    Tes lisan


    Daftar pertanyaan

        Bagaimanakah latar yang terda¬pat di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
    Bagaimanakah keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam cerpen yang  kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini?       4 X 40”    Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )                   


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Membaca sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
15.1 Membaca in¬dah puisi de-ngan meng¬gu-nakan ira¬ma, volume suara, mimik, kinestik se¬suai denga isi puisi
    Pembacaan in-dah teks puisi    o    Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi,  irama, volume suara, mimik, dan kinestik pembaca puisi
o    Menandai penjedaan pembacaan puisi lain
o    Berlatih membaca puisi
o    Membaca indah puisi dengan meng¬¬gunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi
    •    Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan
•    Mampu membaca indah puisi
    Tes praktik/kinerja     Uji petik kerja         Berilah penanda jeda pada puisi yang akan kamu baca!
    Bacalah puisi yang kamu beri penanda jeda dengan lafal, intonasi, mimik, dan suara yang tepat!    6 X 40”    Teks puisi
Buku refe¬ren¬si
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )                    
15.2 Menemukan realitas kehi-dupan anak yang te¬ref¬lek¬si dalam buku cerita anak baik asli mau-pun terje¬mah-an
    Cara menemukan realitas kehi¬dup-an di dalam cerita anak implementasi- nya      o    Membaca buku cerita anak
o    Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o    Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
    •    Mampu menuliskan perilaku, ke¬biasaan yang ada dalam buku ce¬rita anak
•     Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.    Penugasan individual/kelom-pok    Proyek        Identifikasilah  peril¬a-ku atau kebiasaan yang terdapat di dalam cerita anak yang kamu baca!
    Tuliskan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca!     6 X 40”    Buku cerita anak
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )                   


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah    : .........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester    : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi


Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar
                Teknik Penilaian    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen       
16.1  Menulis kreatif puisi berkena¬an dengan ke-indahan alam

    Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam    o    Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam
o    Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi
o    Mengamati model larik-larik puisi tentang keindahan alam
o    Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model
o    Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam
o    Menulis larik-larik puisi
o    Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o    Menyunting puisi karya sendiri    •    Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam
•    Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
    Portofolio    Lembar penilaian portofolio        Tulislah puisi tentang keindahan alam  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!
    Perbaikilah puisi tentang keindahan alam yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!



    4 X 40”    Lingkungan Gambar alam
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )                   
16.2 Menulis kreatif puisi berke¬na¬an dengan pe-ristiwa yang pernah dialami
    Penulisan puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami    o    Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
o    Memilih salah satu peristiwa yang dialami  untuk dijadikan puisi
o    Menulis larik-larik puisi
o    menulis puisi dengan pilih¬an kata yang tepat dan rima yang menarik
o    Menyunting puisi yang di¬tulis sendiri    •    Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami
•    Mampu menulis puisi dengan pi¬lihan kata yang tepat dan rima yang menarik
     Portofolio    Lembar penilaian portofolio        Tulislah puisi tentang peristiwa yang pernah kamu alami  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!


    Perbaikilah puisi tentang suatu peristiwa yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!     4 X 40”    Peristiwa yang dialami
Buku teks
    Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )                   

Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.               
    Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

..........., .........................
Mengetahui,     Guru mata pelajaran
Kepala ...................   



............................................    ..................................................
NIP/NIK                                                                                                            NIP/NIK




Tidak ada komentar:

Posting Komentar